Kamis, 11 Juni 2009

OBJECT ORIENTED PROGRAMMING

OBJECT ORIENTED PROGRAMMING

JAVA
Java merupakan bahasa pemograman berorientasi object dan multi platform, dikembangkan oleh SUN Micro System. Keunggulan JAVA saat ini:
o Grafical User Interface Based
Tampilan program berbasis grafis untuk memudahkan pemakai berinteraksi dengan ptogram.
o Object Oriented
Konsep pemograman berorientasi object membuat pembuatan dan pengembangan program menjadi lebih mudah.
o Web Application
Mendukung aplikasi dan fitur Web seperti applet, JSP (Java Server Pages), CORBA dan lain-lain.
o Multiplatform Application
Program bisa berjalan di semua platform Operating System seperti Windows, Linux dan Unix dengan JVM (Java Virtual Machine) yang harus terpasang sesuai dengan platform yang dibutuhkan.
o Multithreaded Application
Aplikasi dapat menjalankan sejumlah proses secara bersamaan tanpa menunggu sebuah proses selesai untuk menjalankan proses lainnya.
o Secure
Java mempunyai 2 fitur keamanan di paket JDK (Java Development Kit) dan JCE (Java Cryptography Extension) yang meliputi signature, message digest, key generator, authentification, encryption dan big number.
o Mission Critical Software
Digunakan untuk pengembagan software di mana tingkat error yang terjadi sangat diperhatikan, di mana sebuah error pada suatu program bisa mengakibatkan kerusakan fatal pada sistem secara keseluruhan.
o Distributed Networking Application
Dengan fitur ini dapat membuat program untuk kasus tertentu dengan melibatkan beberapa komputer sehingga penyelesaian masalah menjadi cepat.



Bagaimana JAVA Bekerja ?

o Koding, pemakai menulis kode program dalam bahasa pemograman JAVA menggunakan teks editor atau Integrated Development Environment (IDE) yang disimpan dalam file yang bereksitensi java.
o Kompilasi, mengubah kode program yang tersimpan dalam file java menjadi bahasa mesin (berbentuk kode biner) dan disimpan dalam file yang bereksitensi class.File class inilah yang disimpan diserver atau langsung dieksekusi oleh interpreter sesuai platformnya masing-masing Operating System.
o Eksekusi, menjalankan program yang telah berhasil dikompilasi.

Compiler : Mengkompilasi source code menjadi bentuk bahasa mesin.
Interpreter : Mengkompilasi dan menjalankan source code secara langsung.


Apa itu Object?
Object adalah penggambaran sesuatu oleh komputer dari dunia nyata yang dapat memiliki Attribute(State) dan Behavior (Kebiasaan). Attribute merupakan ciri-ciri, anggota yang membentuk atau sesuatu yang bisa dikenali sebagai object. Behavior merupakan cara atau kebiasaan dari object untuk melakukan sesuatu pekerjaan.
Contoh Object:
1. Manusia
Object manusia memiliki attribute kaki, tangan, mata, hidung, telinga, mulut dan badan sedangkan behaviornya adalah cara berjalan, cara makan, cara berlari, cara melompat, cara bicara, cara melihat dan lain-lain.

2. Benda/Object

3. Hewan


Konsep Dasar OOP
OOP adalah Object Oriented Programming, yaitu cara pandang pemograman yang berdasarkan object yang bersifat independen dan mampu berjalan sendiri serta saling berinteraksi.OOP Memiliki karaketristik:
Class : Kelompok yang mempunyai ciri yang sama terdiri dari attribute dan method (fungsi). Class merupakan blueprint object atau object adalah instance dari class.

Abstraction : cara penyederhanaan sistem menjadi lebih sederhana, misalnya sistem terdiri dari subsistem yang saling berinteraksi. Komputer tersusun dari Sistem masukan, Sistem pemrosesan dan Sistem Keluaran Input.

Modularity : object bersifat modular dan independen.Object dapat ditulis dan atur ulang secara terpisah dari object lain.

Encapsulation : mekanisme penyembunyian proses dan variabel-variabelnya tertentu saja yang bisa diakses sesuai haknya (public, private & protected) di dalam sistem untuk menghindari interferensi dan menyederhanakan penggunaan sistem. Secara default fungsi atau variabel yang dideklarasikan akan bertipe private. Di bawah ini adalah perbedaan ketiganya:
• Public : Seluruh yang dideklarasikan di sini bisa di akses siapa saja
• Private : Hanya bisa diakses oleh fungsi itu sendiri dan friend class
• Protect : Bisa diakses oleh fungsi itu sendiri, friend class dan turunannya.

Polymorphism : kemampuan object yang bereaksi secara berbeda dan memilki berbagai bentuk terhadap informasi yang sama. Yang memungkin terjadinya overloading dan overriding. Overloading adalah penggunaan satu nama untuk beberapa method dengan parameter yang berbeda. Overriding adalah Terjadi ketika deklarasi method subclass sama dengan method dari superclassnya.

Inheritance : Suatu Class dapat mewariskan attribute dan method kepada Class lain.

Tidak ada komentar: